header-int

SEKILAS MADRASAH

Posted by : Administrator
Share

PROFIL

MADRASAH ALIYAH SHOLAHUDDIN

  1. SEJARAH BERDIRI
    1. Latar Belakang Berdirinya Madrasah

Pembangunan di bidang agama terutama di bidang pendidikan memiliki kedudukan dan peranan yang sangat penting dalam meletakkan landasan moral, etika, teknologi dan spiritual yang kokoh dalam pembangunan di bidang Pendidikan Nasional.

Proses pengembangan di bidang pendidikan diarahkan pada upaya meningkatkan kecerdasan bangsa, meningkatkan kualitas dan kuantitas anak didik (siswa), maka pendidikan agama merupakan sarana untuk menambah semarak dan menambah kenikmatan beragama serta meningkatkan ketakwaan terhadap Allah SWT. Karena berperan dalam memlihara kesatuan dan persatuan bangsa, apa lagi pada saat-saat sekarang ini.

Pendidikan agama sangat memegang peranan untuk menciptakan anak didik yang bermoral dan berakhlak mulia.

Sejalan hal tersebut, maka Madrasah Aliyah Sholahuddin Demungwetan Kerangkulon Wonosalam Demak merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Kementerian Agama RI merupakan salah satu lembaga pendidikan menengah.

Pada dasarnya Madrasah Aliyah Sholahuddin sudah hampir dua dasawarsa dalam perannya ikut mencerdaskan kehidupan bangsa, seiring perjalanan yang cukup lama tersebut, MA Sholahuddin baik dalam bidang akademik maupun non akademik terus berbenah diri untuk menuju lembaga pendidikan yang mampu merespon dinamika zaman.

2. Tokoh Perintis

MA Sholahuddin berdirinya dirintis oleh Bpk. H. Zaenal Arifin dan Ibu Hj. Kamnah, yang diinisiasi dengan mendirikan yayasan lebih dahulu, tepatnya pada tanggal 10 Nopember 2000 Yayasan Islam Sholahuddin telah didirikan, setelah berdirinya yayasan maka maka disusul pendirian lembaga pendidikan menengah MA Sholahuddin.

Beliu berdua mewakafkan sebidang tanahnya, untuk pembangunan gedung dengan biaya sendiri tanpa ada bantuan dari pihak manapun, dan sekaligus membiayai dana operasional MA Sholahuddin diawal-awal berdirinya.

MA Sholahuddin didirikan pada tahun 2000, namung mulai aktif menerima peserta didik dan melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar dimulai pada tahun pelajaran 2001/2002. Kedua pasangan suami istri tersebut (H. Zaenal Arifin dan Hj. Kamnah) betul betul telah mencurahkan daya upaya baik secara finansial maupun fisik dan pikiran.

Dengan niatan yang kuat dan tulus pendirian MA Sholahuddin berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti mulai pengajuan pendirian sampai dengan penerimaan siswa baru berjalan dengan baik.

3. Tahun Berdiri

Tahun berdirinya Madrasah Aliyah Sholahuddin Demungwetan Kerangkulon Wonosalam Demak, sebagaimana telah ditulis diatas yaitu pada tanggal 09 Juli 2001.

4. Status Tanah

Status tanah Madrasah Aliyah Sholahuddin adalah tanah wakaf dari Bpk. H. Zaenal Arifin dan Hj. Kamnah terdiri dari tiga (3) bidang tanah yang saling bersebelahan, dengan ukuran satu bidang tanah seluas 476 m2 (sudah bersertifikat/milik yayasan) , satu bidang tanah seluas 292 m2 dan satu bidang tanah seluas 292 m2  (kedua bidang tanah belum bersertifikat/masih dalam proses) dengan jumlah luas keseluruhan 1.060 m2.

5. Letak Geografis

Madrasah Aliyah Sholahuddin dari letak geografis sangat strategis karena berada di tengah desa, mudah dijangkau oleh masyarakat, dekat dengan rumah penduduk dan sangat mudah jalan aksesnya, dan dekat dengan pondok pesantren Daruss Salam dan tempat tempat ibadah.

Sedangkan posisi MA Sholahuddin terletak pada koordinat latitude  -6.930310 dan longitude 110.682958 dengan ketinggian tanah 85 meter di atas permukaan laut.

6. Bangunan Gedung

Gedung yang pertama di bangun oleh perintis (Bpk. H. Zaenal Arifin dan Ibu Hj. Kamnah) pada tahun 2000 adalah terdiri dari 2 lantai dengan perencian 8 ruang dan satu ruang kantor, seiring dengan peastnya perkembangan dan jumlah siswa yang terus meningkat maka pada tahun 2005 dibangun gedung yang kedua dengan terdiri 3 lantai yang diperuntukkan untuk ruang kelas sebanyak 11 ruang, 1 ruang Kepala Madrasah, 1 ruang guru dan satu ruang seni budaya.
 

SMP NEGERI 2 KEPUNG MA SHOLAHUDDIN
© 2020 MA SHOLAHUDDIN Follow MA SHOLAHUDDIN : Facebook Twitter Linked Youtube